Sepedaan di Harau

Lima belas orang berangkat dari Rumbai dengan semangat di hari Jum’at siang, 16 Desember 2011 menuju Payakumbuh Sumatra Barat untuk menikmati pemandangan alam di sekitar Harau dengan bersepeda. Peserta kali ini beragam, ada yang sudah biasa bersepeda lumayan aktif di Rumbai, ada juga pendatang baru yang semangat untuk ikut serta di kegiatan sehat ini. Setelah semua sepeda dinaikkan ke pickup oleh mas Hendra di rumah mas Rosyid, kami berangkat dalam beberapa rombongan. Ada yang berangkat bersamaan dengan keberangkatan sepeda sekitar jam 14:00 sesuai rencana, ada juga yang berangkat di sore hari setelah selesai jam kantor.

Perjalanan ke Harau dilakukan dengan santai, mampir-mampir di jalan menikmati durian dan makan malam, ayam panggang. Pemandangan di perjalanan, terutama setelah memasuki wilayah Sumatra Barat sangat indah, terutama ketika tiba di kelok sembilan yang masih sibuk melakukan pembangunan jalan baru untuk menembus Kelok Sembilan secara lebih mudah. Sekitar jam 20:00 rombongan pertama tiba di Hotel Sago Bungsu, sekitar 2 km dari jalan masuk ke Harau, sebelum kota Payakumbuh. Hotel Sago sederhana dan bersih, nyaman untuk tinggal satu malam ini. Kami ambil 4 buah kamar, dimana dalam satu kamar terdapat 4 buah tempat tidur yang bisa ditempato oleh 4 orang. Biayanya murah, Rp. 150,000/kamar/malam, dan kami diijinkan esok hari checkout jam 15:00.

Foto-foto lain di Facebook mas Rosyid...

Penuh semangat semua anggota rombongan sudah siap sedia untuk berangkat pada pukul 06:00 pagi, dan kami awali dengan sarapan lontong sayur dan teh Payakumbuh. Perjalanan rombongan dari Rumbai ditemani oleh 5 orang penyepeda dari Payakumbuh yang dipimpin Da Us, yang membuat rasa aman, karena kita hanya akan mengikuti panduan mereka, tanpa perlu takut kesasar. Apalagi kami tahu bahwa Da Us, selain seorang penyepedah, juga seorang teknisi sepeda yang handal. Perjalanan dimulai dari depan hotel sekitar jam 07.30 menyusuri jalan aspal ke arah kantor Bupati Limapuluh Kota, dan belok kiri melewati jalan batuan di tepi sawah dan berhenti sebentar di satu Danau Buatan dengan pemandangan Air Terjun Sarasah Tanggo.

Setelah berfoto-foto beberapa saat perjalanan dilanjutkan ke Air Terjun Sarasah Tanggo, kemudian ke Solok bio-bio melewati jalanan di dalam lembah diantara perbukitan dengan pemandangan yang luar biasa menawan. Dan yang paling seru adalah perjalanan menuju Puncak Lembah Harau, melewati jalan yang luar biasa tajam naiknya, dengan pemandangan yang sangat cantik, dan sebagian besar perjalanan ditempuh dengan menuntun sepeda, sampai tiba di Puncak Lembah Harau menikmati pemandangan ke arah bawah yang menawan.

Dari Puncak, perjalanan berlanjut ke Air Terjun Sarasah Aksara Berayun, satu air terjun paling besar, dan kami makan siang di tempat ini. Sangat nikmat makan nasi bungkus di tepi Air Terjun di Harau ini. Sebenarnya rencana awal dari Sarasah Aksara Berayun ini kami akan kembali ke Hotel, namun karena waktu masih memungkinkan dan tenaga tambah kuat setelah makan siang, kami menambah rute ke satu air terjun lagi, yang ternyata juga sangat menawan.Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, kami melewati jalan yang datar, dengan sawah di tepi jalan, dan di satu tepi yang lain dibentengi oleh dinding batu yang tinggi, kokoh dan menawan. Dinding-dinding batu ini benar-benar seperti diatur tempatnya oleh Tuhan untuk memberikan pemandangan yang luar biasa menawan di daerah ini.

Lengkap sudah perjalanan Sabtu yang cerah ini, dan kami kembali ke hotel untuk bersiap-siap kembali ke Pekanbaru, dan sebelum memulai perjalanan ke Pekanbaru kami menikmati dulu Es Tebak di Payakumbuh.

Bersepeda di Harau sangat menyenangkan, dan sangat kami sarankan teman-teman yang suka bersepeda, untuk meluangkan waktu menikmati daerah ini, dan kita sangat beruntung karena di Payakumbuh banyak teman-teman yang juga sangat menyukai bersepeda dan mereka bersedia untuk menemani dan menunjukkan jalan-jalan yang indah sesuai dengan yang diperlukan, bisa memilih jalur santai, jalur pemandangan air terjun, atau jalur extrem. Semua bisa dinikmati.

Dokumentasi perjalanan ke Harau ini bisa dilihat di:

1. Foto-foto dari mas Rosyid

2. Rencana Perjalanan

3. Beberapa Video:


Read: 198 times.

You May Also Like

5 thoughts on “Sepedaan di Harau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.