Menggunakan Gear Sepeda

Setelah mengenal lebih baik mengenai gear/gigi/kecepatan sepeda, kita akan melangkah lebih lanjut untuk lebih memahami bagaimana menggunakan dan memanfaatkan gear kita sebaik-baiknya agar nikmat nyaman bersepeda.

Gear Depan Cozmic 6.0 dengan 3 gigi
Gear Depan Cozmic 6.0 dengan 3 gigi

Beberapa acuan dasar dari penggunaan gear berdasarkan pengalaman bersepeda dan membaca artikel-artikel:

  • Mengayuh sepeda dengan nyaman dalam seluruh perjalanan kita, dalam segala bentuk medannya, tanpa terlalu berat membebani lutut.
  • Kayuhan yang baik  kira-kira sebanyak  80 kayuhan per menit. Antara 60-80 kayuhan permenit adalah kondisi yang ideal untuk lutut, meskipun para penyepeda professional bisa sampai 110 kayuhan per menit . Masing-masing orang bisa berbeda-beda, masing-masing memiliki kekuatan dan kemampuan yang berbeda, dan masing-masing perlu mencari sendiri kombinasi yang tepat untuk bisa mengayuh dengan pas. Yang penting jangan terlalu berat sehingga membebani lutut kita.
  • Mengusahakan agar posisi rantai sepeda selurus mungkin, dengan menggunakan kombinasi gigi depan dan gigi belakang yang tepat. Contoh: menggunakan gigi paling dalam di depan dan juga gigi paling dalam  di belakang akan membuat posisi rantai relatif lurus, namun menggunakan gigi paling dalam di depan dan gigi paling luar di belakang akan menyebabkan posisi rantai tidak lurus (posisi miring).

 Beberapa pertanyaan yang sering muncul yang berhubungan dengan masalah gear ini:

  • Apa perlunya saya mengelola gear ini dengan baik dan tepat?
  • Kapan saya harus memindahkan gigi ke kombinasi yang pas saat mendaki?
  • Mana yang harus saya rubah, gigi depan atau gigi belakang?
  • Kombinasi gigi depan dan belakang seperti apa yang baik dan benar?
Pengkait pengubah gear depan dan belakang
Pengkait pengubah gear depan dan belakang

Beberapa tips yang berhubungan dengan gear ini:

  1. Saat mulai mengayuh, pilih kombinasi gear yang ringan, agar bisa memulai perjalanan dengan nyaman
  2. Cari kombinasi gear yang paling nyaman, agar bisa mengayuh sekitar 60-80 kayuhan per menit.
  3. Ganti gear ke posisi yang lebih ringah, saat kayuhan terlalu berat
  4. Saat mengganti gear, kurangi tekanan pada pedal (jangan terlalu kuat mengayuh saat memindah gear)
  5. Saat akan memasuki jalan yang mendaki, ubah gear ke posisi yang lebih ringan, dan kecepatan kayuhan terus dipertahankan di angka 60-80 kayuhan per menit.
  6. Saat di jalan mendaki yang sangat tajam, sehingga posisi gear sudah sampai pada kombinasi yang paling ringan, usahakan untuk terus bisa nyaman bergerak semampunya, tidak perlu tergesa-gesa, yang penting tetap bisa bergerak maju.
  7. Ubah posisi gear belakang, untuk posisi perubahan yang tidak terlalu ekstrem. Sedangkan untuk perubahan yang ekstrem, pindahlah gear depan
  8. Usahakan posisi rantai sepeda selurus mungkin, dengan memberikan kombinasi gear depan dan belakang yang tepat. Sebagai contoh, untuk sepeda dengan 3 gear di depan, dan 10 gear di belakang, kombinasi yang bisa dilakukan:
    • Saat gear depan di posisi 1, maka gear belakang usahakan ada di posisi 1, 2,3 (atau  gear 4 hanya untuk waktu sebentar)
    • Saat gear depan di posisi 2, maka gear belakang usahakan ada di posisi 4, 5,6,7
    • Saat gear depan di posisi 3, maka gear belakang usahakan ada di posisi 8,9 dan 10 (atau gear 7  hanya untuk waktu sebentar saja)

Ayo terus belajar mengelola gear sepeda kita.
Referensi:

Read: 134 times.

You May Also Like

7 thoughts on “Menggunakan Gear Sepeda

  1. mantap, sangat mudah dipahami.
    berharap temen2 goweser membacanya sehingga bisa mengatur gear dg baik, nyaman ditanjakan, seimbang antara paru2 dan kaki, tidak terjadi rantai selip, rantai cepet putus dst …
    keep sharing mas …

    1. Kemungkinan variasi yang baik, ya kita bagi 3 untuk gigi belakang yaaaa…Dua cakram belakang yang paling kecil kita pasangkan dengan cakram yang paling besar di bagian depan, dua cakram belakang yang paling besar kita pasangkan dengan cakram paling kecil di depan, sedang dua cakram yang ditengah dari gear belakang kita pasangkan dengan gear tengah di depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =