Mempersiapkan Diri Memasuki PT- Membuat Pilihan (Langkah Kedua)

Membuat Pilihan merupakan langkah kedua dari keseluruhan proses mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi.

Setelah anak bisa dengan gamblang mendefinisikan kondisi yang akan membuatnya gembira dan bangga pada langkah pertama, mulailah tahap untuk membuat pilihan, yang secara garis besar dibagi menjadi tiga proses, yaitu membuat kriteria pemilihan berdasarkan hasil dari langkah pertama,  membuat pilihan-pilihan, dan proses yang ketiga adalah mengurutkan pilihan(membuat ranking) .

 

selectioncriteria4Kriteria pemilihan ini mempresentasikan parameter-paramenter penting yang akan memastikan bahwa jika memilih sesuatu berdasarkan parameter-parameter ini akan menghasilkan suatu hasil pemilihan yang tepat.

Bobot digunakan jika memang kita melihat bahwa masing-masing parameter memiliki tingkat kepentingan yang berbeda-beda dan perlu dibedakan.

Setelah membuat kriteria pemilihan, kita masuk ke tahap berikutnya yaitu membuat daftar alternative-alternative yang akan menggembirakan anak jika diterima di salah satunya. Hal ini lebih mudah di buat, karena anak sudah memahami segala sesuatunya untuk membuat daftar pilihan berdasarkan hasil yang sudah dicapai dari langkah nomor pertama di atas. Pilihan-pilihan yang dibuat harus sudah sangat spesifik ke jurusan apa, di universitas apa. Sebagai contoh, misalnya membuat daftar pilihan jurusan-jurusan:

  • Fakultas Kedokteran Umum UGM
  • Fakultas Kedokteran Umum UI
  • Fakultas Kedokteran Umum Unair
  • Fakultas Kedokteran Umum Undip
  • Fakultas Kedokteran Umum UNS
  • Fakultas Psikologi UGM
  • Fakultas Kedokteran Umum UNPAD
  • Fakultas Kedokteran Umum Trisakti

Dalam membuat daftar pilihan benar-benar harus dipastikan bahwa anak akan tetap bangga dan senang jika diterima di salah satu pilihan tersebut, meskipun tentunya dengan bobot yang berbeda-beda, dan juga tetap mempertimbangkan tingkat kemampuannya, untuk memastikan daftar pilihan mencakup juga pilihan yang relatif “agak ringan”, dimana anak bisa masuk ke jurusan di universitas tersebut.

Dari pengalaman-pengalaman yang telah terjadi, sering bahwa kota-kota tertentu menjadi dasar utama anak memilih sekolah. Hal ini perlu dipastikan bahwa anak menganalisis secara lengkap parameter-parameter lain untuk memastikan sudah meninjau pilihannya dari berbagai sudut.

Dan tahap terakhir dari langkah kedua ini adalah melakukan proses ranking,  mengurutkan dari yang paling diharapkan, terus urutan ke bawah ke pilihan yang relatif masih disukai,namun paling tidak diharapkan. Dan hasil terakhir dari langkah ke dua ini adalah daftar dari pilihan-pilihan yang akan didaftar untuk bisa mengikuti seleksi penerimaannya, yang sudah diurutkan mulai dari yang paling diharapkan yang akan sangat menggembirakan dan membanggakan sampai pilihan terakhir yang masih bisa membuat gembira dan bangga.

Dan setelah menghasilkan daftar jurusan yang diharapkan ini, kita akan segera masuk ke Langkah ke 3 untuk Merancang Strategi.

Tautan-tautan yang berkaitan:

Read: 43 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.