GM2017 – Sabo Dam Sungai Apu

Salah satu ikon Gowes Merdeka mengelilingi Gunung Merapi di Yogyakarta/Jawa Tengah adalah check dam, atau sabo dam yang berada di etappe ke 4, setelah peserta menjalani rute Yogya-Muntilan-Talun-Gowok Sabrang.

Selepas Gowok Sabrang, sesudah jalan terus menanjak sejauh 15 km dari Muntilan, perjalanan berlanjut melewati beberapa turunan dan tanjakan hingga tiba di satu pemandangan menawan Sabo Dam di Tlogolele.

mas Andang

Dan kebetulan, salah satu peserta Gowes Merdeka 2017, mas Andang Risharyanto, adalah salah satu saksi pelaku dalam proses pembangunan Check Dam ini yang memberikan informasi tentang Sabo Dam ini:

Sabo dam ini sudah beberapa kali jebol karena diterjang lahar dingin… ini merupakan Sabo Dam paling depan di sungai Apu menuju kawah gunung merapi yg berjarak +/- 4 KM saja.. sabo Dam ini berfungsi menahan laju kecepatan lahar dingin yg meluncur saat turun hujan dan sbg pengarah arah aliran lahar dingin.

Nomenklatur bangunan ini adalah “APD-1 Dsn Tlogolele Kec. Selo” yang artinya berlokasi di sungai APU (AP) dan merupakan sabo dam terdepan/teratas(D-1)

Selamat menikmati Gowes Merdeka.

 

 

Read: 29 times.

You May Also Like

One thought on “GM2017 – Sabo Dam Sungai Apu

  1. Pingback: Gowes Merdeka 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − 1 =