Sosialisasi SNMPTN 2013 oleh UNY, UGM dan UIN Yogyakarta

Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Wb - Sosialisasi SNMPTN 2013
Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Wb – Sosialisasi SNMPTN 2013

Berbeda dengan tahun lalu, dimana untuk masuk ke UGM hanya melalui jalur SNMPTN, untuk tahun ini UGM menyediakan tiga pilihan cara masuk, yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri UGM, dengan komposisi 50% melalui SMMPTN, 30% melalui SBMPTN dan 20% melalui Ujian Mandiri UGM yang rencananya akan dilakukan di beberapa kota. Demikian salah satu informasi yang kami terima saat sosialisasi SNMPTN 2013 pada siang hari tadi.

Pas kebetulan di Yogya, denger info bahwa Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogya (UIN) dan Universitas Negeri Yogyakarta hari ini, Selasa, 18 Desember 2012 jam 13:00 mengadakan Sosialisasi SNMPTN 2013.

Banyak yang hadir, sebagian besar adalah para kepala sekolah atau yang mewakili dari sekolah-sekolah di provinsi DIY. Ada juga perwakilan dari SMA Taruna Nusantara, dan saya yang kebetulan datang dari Riau. Bagi saya sosialisasi SNMPTN, terutama sosialisasi UM UGM masih menarik untuk diikuti, agar bisa lebih banyak memberikan informasi ke teman-teman yang membutuhkan.

Bukan hanya UGM, namun UNY dan UIN Yogyakarta juga akan memberi kesempatan kepada para siswa untuk masuk ke universitas-universitas tersebut meelalui tiga kemungkinan cara, SNMPTN,SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2013 akan terdiri dari 3 pola:

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

      • Berdasarkan prestasi akademik siswa (raport dan prestasi akademik lain)
      • Biaya ditanggung pemerintah

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri):

      • Berdasarkan hasil test tertulis/ketrampilan
      • Biaya ditanggung peserta

3. Seleksi Mandiri:

      • Diserahkan sepenuhnya kepada setiap PTN
      • Biaya ditanggung peserta

Penerimaan siswa pada SNMPTN 2013 tidak dilakukan dengan tes tertulis lagi, melainkan dengan melihat rekam jejak nilai rapor dan prestasi akademik para siswa SLTA mulai dari kelas 1 hingga kelas 3. Data ini akan dimasukkan ke dalam PDSS yang dikelola oleh panitia SNMPTN. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. Pengisian PDSS dimulai pada 17 Desember 2012—8 Februari 2013. Pada bulan Februari 2013, pendaftaran akan dimulai; siswa dapat memilih program studi yang diinginkan di PTN tertentu, dengan data nilai yang sudah dimasukkan dalam PDSS, termasuk nilai-nilai remedial kalau memang ada. Agar siswanya dapat mendaftar dalam SNMPTN 2013, Sekolah yang bersangkutan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi manapun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, salah satu PTN harus berada di sekitar SMA asal, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN di provinsi asalnya.

Terdapat beberapa perbedaan penting dengan SNMPTN jalur undangan yang dilakukan tahun lalu. Jika tahun lalu siswa yang mendaftar terbatas pada kuota sesuai dengan akreditas sekoah tersebut (misal, sekolah akreditasi A dapat mendaftarkan 50% terbaik siswanya), tahun ini seluruh siswa bisa mendaftar secara gratis. Selain itu, siswa pindahan pun bisa mendaftar. Sistem ini juga menyempurnakan hal-hal yang di tahun lalu belum diakomodasi.

Bagi siswa yang berprestasi, yang akan melanjutkan studi di PTN tetapi terkendala dengan biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya bisa diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Berbeda degan tahun lalu, beasiswa Bidikmisi tahun ini hanya mensyaratkan bahwa calon mahasiswa tersebut tidak mampu dari segi finansial.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses laman http://www.snmptn.ac.id maupun call center SNMPTN 08041450450.

Selamat mempersiapkan diri. Semoga Ujian Mandiri UGM juga dilaksanakan di Pekanbaru, sehingga para siswa dari provinsi Riau dan sekitarnya bisa mengikuti ujian masuk UGM dengan lebih mudah.

Referensi:

Semoga bermanfaat.

Read: 30 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.