5 F untuk Rajin Berolah Raga

Kita semua pasti sangat setuju pada kenyataan bahwa berolah raga, melakukan kegiatan fisik adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan, namun belum tentu kita semua secara teratur dan terus menerus konsisten melakukan kegiatan fisik, berolah raga dalam kehidupan sehari-hari kita.

Mengapa kita tidak bisa melakukan kegiatan yang baik ini secara konsisten?

funSaat hadir dalam pertemuan Health Environment and Safety yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, ada paparan data yang menarik dari hasil pemeriksaan rutin berkala yang telah dilakukan, yang menunjukkan fakta bahwa lebih dari 60 persen dari yang diperiksa memiliki kadar kolesterol di atas ukuran normal, dan lebih dari 50 persen dari yang diperiksa berada pada status hypoactivity, atau kurang kegiatan fisik, atau kurang berolah raga.

Saya yakin, kita pernah mendengar kalimat-kalimat ini dalam perjalanan hidup kita:

  • Kolesterol saya lebih dari 250…..terlalu tinggi. Saya akan berolah raga setiap hari, paling sedikit 60 menit
  • Saya kegemukan, Saya akan pergi ke fitness center, untuk berolah raga paling sedikit 4 kali seminggu agar BMIku bisa ideal
  • Saya perlu berjalan paling sedikit 10000 langkah setiap hari agar aku bugar…

Apakah malahan mungkin kalimat-kalimat itu adalah suara kita sendiri yang pernah memiliki keinginan untuk berolah raga?

Bagaimana kenyataannya orang-orang yang telah menyuarakan kalimat-kalimat tersebut? Apakah mereka akan terus konsisten melaksanakan apa yang dikatakannya tersebut? Biasanya konsisten untuk berolah raga, untuk melaksanakan kegiatan fisik, tidak mudah untuk bisa terus menerus dilakukan, meskipun kita tahu ada hal yang sangat penting yang perlu dicapai, yaitu kesehatan, tingkat kolesterol yang aman atau BMI yang ideal.

Hal-hal tersebut susah dilakukan, karena banyak alasan, antara lain karena kesibukan, kurangnya fasilitas pendukung, bosan dan target yang ingin dicapai seperti kesehatan, kolesterol dan BMI, meskipun sesuatu yang penting, namun bagi banyak orang adalah sesuatu yang  kurang nyata, kurang langsung dirasa. Untuk bisa melakukan kegiatan secara konsisten, perlu suatu motivasi diri sendiri yang kuat, yang mampu mendorong diri untuk terus menerus kegiatan tersebut. Bagaimana dengan diri anda sendiri? Bagaimana anda menjaga agar api semangat untuk terus rajin berolah raga terus menggelora?

Mengumpulkan masukan banyak teman gowes dari ngobrol-ngobrol, ada satu tips menarik untuk terus menjaga motivasi agar rajin bersepeda, yang kami sebut 5F:

  1. Fun
  2. Friends
  3. Family
  4. Fact
  5. Facebook

Penjelan singkatnya sebagai berikut:

1. Fun

Hampir setiap orang menyenangi kegiatan yang fun, menarik, banyak tertawa, dan bisa berlaku dan bertindak dengan bebas seperti masa anak-anak. Dengan kegiatan yang fun, rasa capek, rasa malas, rasa bosan agar hilang lenyap…

Mandi Basamo
Mandi Basamo

2.  Friends.

Luar biasa pengaruh teman yang tepat untuk mendorong kita melakukan hal-hal yang sangat sulit untuk dilakukan sendirian. Teman yang rajin mengajak berolah raga, teman yang rajin memberi semangat berolah raga, teman yang menyenangkan di sepanjang perjalanan berolah raga, sangat memompa motivasi untuk bisa melakukan banyak hal yang tidak bakalan bisa dilakukan jika sendirian. Terbayangkanpun tidak.

friends3. Family

Gili Trawangan Januari 2015
Gili Trawangan Januari 2015

Sangat penting untuk bisa mengikut sertakan anggota keluarga dalam kegiatan yang menyenangkan ini. Keikuutsertaan anggota keluarga akan bisa saling menyemangati

4. Fact

Endomondo-Statistik
Endomondo-Statistik

Kumpulkan data-data hasil berolah raga. Dari tampilan-tampilan yang sekarang sangat mudah kita peroleh secara gratis online, kita bisa melihat hal-hal yang sudah kita lakukan, dan bangga terhadap diri sendiri untuk terus meningkatkan prestasi pribadi. Sebagai contoh, kita membuat statistik berapa km kita melakukan kegiatan olah raga setiap minggu, setiap bulan, dan kita lihat angka-angka dan grafiknya. Kemudian kita lihat catatan kegiata harian, ada gambar sepeda, gambar lari, gambar berjalan..yang akan sangat membuat bangga diri sendiri, bahwa kita telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang menyehatkan.

facebook5. Facebook

Sarana gratis, ini adalah hal yang sangat membantu memompa semangat. Pemasangan foto-foto kegiatan yang luar biasa , ditambah komentar-komentar lucu-lucu yang situastik, sangat membuat berat untuk tidak ikut ambil bagian. Sering di Sabtu pagi hari, ketika pertempuran kecil terjadi di kepala, antara keinginan meneruskan tidur nyaman, atau bangun untuk gabung gowes, gambaran foto-foto menarik di facebooklah yang mentriger untuk bangun dan bersiap-siap sepedaan.

5F yang bersifat langsung, instant, menyenangkan menjadi motivator kuat untuk berolah raga...dan masalah kolesterol, hidup sehat, dan BMI, menjadi bonus ..bonus luar biasa. Dan healty life style bisa kita laksanakan sebagai Nggaayaaa hidup sehat…Bergaya dahulu, hidup sehatnya kemudian. Nggaaayya yang sehat-sehat.

Read: 61 times.

You May Also Like

8 thoughts on “5 F untuk Rajin Berolah Raga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.